AHMAD YAHDIANIhttp://www.yahdianiahmad.blogspot.com/search/label/BAHAN%20AJAR

pemberantasan buta huruf al-Qur'an


Tema yang diusung oleh IAIN Raden Fatah Palembang dalam kegiatan KKN ankatan 55 saat ini adalah Pemberantasan Buta Huruf Al_Qur'an. Gambar ini adalah kegiatan rutin ynag dilakukan oleh mahasiswa KKN untuk membantu anak-anak desa Air Itam dalam memberantas buta huruf al-Qur'an.
Pengajian untuk anak-anak terbagi pada tiga tempat, pertama di TK/TPA Babul Ulum yang diasuh oleh Ibu Badariyah, kegiatan pengajian dimulai pada jam 12.30-13.30. kedua, di rumah Ibu Yumna yang dimulai dari jam 14.00-15.30 wib. Dan ketiga di masjid dimulai ba'da maghrib.

anak-anak bernyanyui rukun Islam

video metode pembelajaran yang banyak disukai oleh anak-anak adalah dengan bernyanyi. ayo..kita bernyanyi rukun Islam yukkk

pengajian ibu-ibu


Semangat ibu-ibu ini mengalahkan semangat pemuda sekarang. Bayangkan, kegiatan ini berlangsung pada malam hari dimulai jam 8 sampai jam 10 malam. Malam seharusnya jadi waktu istirahat untuk ibu-ibu itu setelah di siang hari mereka berkerja di kebun. mencari ikan di sungai dan menenun. Semangat mereka luar biasa di usia yang sudah mulai lanjut untuk belajar tentang Islam. ingat hadis nabi, Tuntutlai ilmu sampai ke liang lahat.

Kegiatan KKN


kegiatan KKN yang kami lakukan salah satunya adalah mengikuti Proses pembelajran di sekolah. gambar ini adalah kegiatan yang siambil sewaktu saya mengajar di SDN 2 desa Air Itam. anak-anaknya lumayan aktif loh..s


Pelangi diatas rumah itu menggambarkan betapa indahnya kehidupan di posko KKN. Memang ada anggapan bahwa kelompok kami adalah kelompok yang elit karena bayaran rumah yang harus kami terima. sekedar memberi informasi kepada para pembaca, bayaran yang harus kami keluarkan adalah 20 ribu/hari. hemmm,,kalau dihitung secara kasar memang kedengarannya begitu mahal mencapai angka 600.000 untuk satu bulan. tapi tidak demikian adanya, kami cuma bayar untuk hari yang kami pakai saja, kebetulan bulan pebruari itu jumlah harinya hanya 28 hari dan hari pertama disana kami belum dipungut bayaran. jadi kami hanya membayar untuk selama 27 hari, so..jika dikalikan 20 ribu dikali 27 hari berarti jumlah yang harus kami bayar adalah 540 ribu. Itu mendapatkan fasilitas tempat inap, mandi, makan tiga kali sehari dan snak, terima beres pokoknya,,gak begitu mahal kan??

Kuliah Kerja Nyata (KKN)


Teman-teman seperjuangan di waktu KKN. kami tergabung di kelompok 1 yang berlokasi di desa Air Itam kec. Jejawi kab. Ogan Komering Ilir (OKI). mereka adalah: berdiri dari kiri ke kanan (baris pertama; Indrawati (sakultas Syariah), Tanti Yusepa ( fakultas Adab), Ena Riyanti ( fakultas Syari'ah), Al-fiyah ( fakultas Tarbiyah), Ahmad Yahdiani ( fakultas Tarbiyah), Mujais ( fakultas Tarbiyah). baris ke dua; Malyadi ( faultas Tarbiyah), Dewi Anjani ( fakultas Dakwah), Ariane Agustin ( fakultas tarbiyah).
Awalnya kami dalam satu kelompok berjumlah sepuluh orang, tapi karena ada sesutu hal yang tidak prosedural sehingga membuat teman kami itu keluar dari kelompok kami.