Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat memperoleh gelar
Sarjana Pendidikan Islam ( S.Pd.I)
Disusun oleh :
Ahmad Yahdiani
NIM : 06 21 009
Jurusan: Pendidikan Agama Islam
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN FATAH
PALEMBANG
2010
IAIN Raden Fatah
di-
Palembang
Palembang, 6 Mei 2010
Drs. Muh Misdar, M. Ag Muhammad Isnaini
NIP :196305021994031003 NIP : 19740102200031004
v Ndungku(Suriati) yang hebat & bijaksana, yang telah mengajarkanku mengeja arti kehidupan. Bak (Salman Parisi) yang menunjukan banyak mimpi. Kakak-kakakku, Ashrin Muftadi, M. Shadri, Paslan Amir dan Juraidah & Marzuki serta adikku Pebriansyah yang menjadi motivator terbesar dalam hidupku. Semoga Allah berkenan mengumpulkan kita dalam sebuah keluarga yang utuh di jannah-Nya.
v Seseorang yang belum kuketahui siapa namanya, yang akan menjadi teman bagiku menyempurnakan setengah agama ini.
v Nenekku yang telah meyakinkanku untuk melanjutkan kuliah, terima kasih atas semua kebaikannya.
v Para ponakanku Agung, Aqil, Awan, Hafiz, Aji, Hasan, Aan, dan Azam yang selalu menyambutku dengan tawa ketika aku pulang ke dusun.
v Ayuk Ipar, Mursyidah, Mesrah, Suri terimakasih untuk doanya.
v Para Pahlawan Peradabanku di MI Raudhatun Nasihin Siring Agung kec. SDU, MTs Raudhatun Nasihin Aremantai SDU, MA Aisyiyah Palembang dan IAIN Raden Fatah Palembang.
v Ustadz-Ustadzku: Sunardi dan Jumhar. Terimakasih untuk pemahaman ilmunya. Semoga Allah menyayangi kalian.
v Sahabat-sahabat yang mendoakanku dari jauh: Satria, Herman, Herman F, Kamsun, Awalin. Terima kasih untuk semangat dan kebersamaannya yang kita lalui di desa kita .
v Teman-teman seperjuangan: Budi, Cun2, Anton, Amar, Heru, Delli, Agus, Kalter, Armadi, Ahmadi, Abadi, Abid, Adi Maryan, Huazi, Deki, Dodi, Yuzar, Agung, Ane, Arni, Fia, Dedek, Darwati, Deni Sumita, Ija, Puja, Hafiz, Ima Warna dan teman-teman Baruku (Victoria, Asri Karolina, Ratna, Mumut. Karliana, Qori, Hasda, Sundari,) Santosa angkatan 2006.
v Kance-kance dari Semende Hafiz, Shabran, Lia, Isma, Adlin, Evi. Semende menunggu pengabdian kite.
V Teman-teman PPL di MAN 1 Palembang: Victoria, Eka Fariana, Rosiana, Sundari, Tri Wahyuni, Wulandari, Budi, Amar, Agung Yudho, Shabran, Julius, Rusdi dan Ismiadin. Terima kasih untuk kerjasama dan kekompakannya.
v Teman-teman KKN ank-55 , Desa Air Itam Kecamatan Jejawi Kabupaten OKI. Ane, Fia, Jais, Ena, Malyadi, Dewi, Iin, Tanti & Bombom dan keluarga pak Syahri. Terima kasih untuk suasana makan malam selama 1 bulan yang tak pernah terlupakan.
v. ibu kost yang memberi tempat & suasana kekeluargaan selama 8 tahun, dari saya masuk MA sampai tamat kuliah. Ibu bagai keluarga sendiri saya, terimakasih bu semoga kebaikan ibu sampai ke jannah-Nya
Ada begitu banyak nama yang ingin kusebut, tetapi halaman ini terlalu kecil untuk menuliskan semua kebaikan kalian. Tapi yakinlah ! Hatiku cukup luas dan dalam untuk mengingat semua kebaikan dan ketulusan kalian. Semoga silaturahim kita semua sampai ke Syurga, Aamiin Ya Rabb....
Ayah dan ibu yang tercinta (Salman Parisi & Suriati)
Kakakku (Ashrin Muftadi, M. Shadri, Paslan Amir, Juraidah) & adikku (Pebriansyah)
Serta para ponakan yang memberikan kelucuan.
Seseorang yang akan menjadi teman bagiku menyempurnakan setengah agama ini
Teman-teman PAI ‘06
Saudara-saudara yang seiman dan setakwa yang memberikan doa agar mendapat ilmu yang bermanfaat.
Untuk itu, melalui tulisan ini perlu disampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak yang telah turut membantu baik secara langsung maupun tidak langsung dalam penyelesaian skripsi ini.
Ucapan terima kasih dan penghargaan ini disampaikan kepada :
1. Bapak Prof. Dr. H. Aflatun Mukhtar, MA selaku rektor IAIN Raden Fatah Palembang.
2. Bapak Drs. Akmal Hawi, M.Ag selaku Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang.
3. Bapak Drs. Muh Misdar, M.Ag dan bapak Muhammad Isnaini, M.Pd selaku pembimbing I dan II yang telah banyak meluangkan waktu dan mencurahkan tenaga serta pemikirannya dalam penyelesaian skripsi ini.
4. Bapak Drs. H. Hasron Usman sebagai dosen penasehat akademik yang membimbing selama penulis menempuh perkuliahan.
5. Bapak / ibu dosen semua staf dan karyawan perpustakaan dan bagian administrasi Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang yang telah memberikan pelayanan yang baik kepada penulis sejak awal hingga berakhirnya penulisan skripsi ini.
6. Kepala Madrasah beserta dewan guru dan karyawan Madrasah Ibtidaiyah Raudhatun Nasihin Siring Agung yang telah memberikan izin dan informasi kepada penulis.
7. Ayahanda dan ibunda, kakanda (Ashrin dan keluarga, Shadri dan keluarga, Paslan dan keluarga), ayunda (Juraidah dan keluarga), adinda (Veib) serta para ponakan (Agung, Aqil, Awan, Hafiz, Aji, Hasan, Aan, Azam) yang telah memberikan doa dan motivasi dalam penulisan skripsi ini.
8. Sahabat-sahabat ( PAI 06 01, PPL di MAN 1 Palembang, KKN di desa Air Itam kec. Jejawi OKI, Anton , Budi, Cuncun, Lia, Arni, Ane, Fia, Vic) serta rekan-rekan mahasiswa/i.
Semoga bantuan tersebut akan menjadi amal shaleh dan dapat diterima Allah SWT, sebagai bekal dan mendapatkan pahala di sisi-Nya. Amin Ya Rabbal Alamin.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan skripsi ini masih banyak terdapat kekurangan. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat reformatif dan konstruktif demi penyempurnaan skripsi ini. Dan penulis berharap semoga skripsi ini bermanfaat dan dapat dimanfaatkan dengan baik bagi pengembangan dan pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Palembang, Mei 2010
Penyusun
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL…………………………………………………………….. i
HALAMAN PENGANTAR SKRIPSI…………………………………………... ii
HALAMAN PENGESAHAN…………………………………………………..... iii
MOTTO DAN PERSEMBAHAN……………………………………………….. iv
KATA PENGANTAR……………………………………………………………. v
DAFTAR ISI……………………………………………………………………... vii
DAFTAR TABEL………………………………………………………………... ix
ABSTRAK………………………………………………………………………... x
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah………………………………………. 1
B. Rumusan Masalah……………………………………………... 6
C. Batasan Masalah………………………………………………. 6
D. Tujuan dan Kegunaan Penelitian……………………………… 7
E. Definisi Operasinal……………………………………………. 8
F. Kerangka Teori……................................................................... 10
G. Kajian Pustaka………………………………………………… 12
H. Metode Penelitian……………………………………………... 14
I. Sistematika Pembahasan………………………………………. 17
BAB II KAJIAN TEORI
A. Kompetensi Guru PAI………………………………………… 19
B. Perencanaan Pembelajaran…………………………………….. 34
C. Pelaksanaan Pembelajaran…………………………………….. 40
D. Evaluasi Pembelajaran………………………………………… 43
BAB III PROFIL MADRASAH IBTIDAIYAH RAUDHATUN NASIHINSIRING AGUNG
A. Selintas Tentang MI Raudhatun Nasihin Siring Agung………. 60
B. Rencana Strategis Pengembangan MI Raudhatun Nasihin……. 62
C. Keadaan Infrastruktur MI Raudhatun Nasihin Siring Agung…. 64
D. Beberapa Tanggapan Masyarakat Tentang Eksistensi Madrasah Ibtidaiyah Raudhatun Nasihin Siring Agung…………………... 66
BAB IV ANALISA PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PAI DI MADRASAH IBTIDAIYAH RAUDHATUN NASIHIN SIRING AGUNG
A. Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dalam Perencanaan Pembelajaaran……………………………………... 68
B. Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pelaksanaan Pembelajaran……………………………............... 76
C. Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengevaluasi Hasil Belajar……………………......................... 88
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan…………………………………………………….. 98
B. Saran………………………………………………................... 99
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Halaman
Tabel 1………………………………………………………………………....................... 64
Tabel 2………………………………………………………………………....................... 65
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru pendidikan agama Islam dalam merencanakan pembelajaran, mengetahui kompetensi guru pendidikan dalam melaksanakan pembelajaran dan untuk mengetahui kompetensi guru pendidikan agama Islam dalam melaksanakan evaluasi hasil belajar.
Penelitian ini dilakukan di desa Siring Agung Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, yaitu peneliti hanya menggunakan fakta-fakta yang terjadi secara sistematis, kemudian penulis analisis menjadi sebuah tulisan penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yakni yang menekankan pada penemuan data atau dalam bentuk data berupa keterangan subjek, kalimat-kalimat dan bukan angka. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis data kualitatif, sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua macam, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer adalah guru pendidikan agama Islam yang mengajar pada kelas lima (V) dan kelas (VI) yang berjumlah dua orang, sedangkan sumber data sekunder adalah sumber data yang diperoleh dari kepala sekolah, guru mata pelajaran lain dan komite madrasah. Teknik analisa yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam dalam merencanakan pembelajaran terlihat dari perencanaan yang guru tuangkan dalam RPP. Pembuatan RPP berpedoman pada kurikulum yang berlaku saat ini. Selain dari pembuatan RPP guru pendidikan agama Islam juga menentukan metode dan media dalam pembelajaran. Selanjutnya, kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam dalam pelaksanaan pembelajaran tercermin pada kegiatan awal yang dimulai dari pemberian salam sebelum memulai pembelajaran, mengabsen, memotivasi siswa, melakukan apersepsi dan memberikan induksi materi yang akan diberikan. Pada kegiatan inti guru pendidikan agama Islam memberikan materi secara sistematis kepada siswa, menggunakan metode yang bervariasi, menggunakan media, memberikan contoh serta memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya. Sedangkan untuk menutup proses pembelajaran guru pendidikan agama Islam membuat suatu kesimpulan serta merencanakan tindak lanjut. Kompetensi guru pendidikan agama Islam dalam melaksanakan evaluasi hasil belajar dapat digambarkan dari cara guru melakukan evaluasi yang dominan pada bentuk tes dan kurang menggunakan teknik non tes, pembuatan soal berbentuk essay dan pilihan ganda. Akan tetapi guru mempertimbangkan prinsip-prinsip dalam pembuatan soal dan melihat faktor lain dalam melakukan evaluasi hasil belajar seperti kesiapan siswa sebelum mengikuti ujian serta melakukan remedial terhadap siswa yang belum berhasil.
S.Pd.I.
ReplyDeleteKebile nikah nye, kuliah lah tamat, calon lah nunggu, kah ngape lagi lajulah.
Woiiiiiii.kele yang itu..kerja n lanjutin studi dulu..doakan ya teman supaya aku bisa S2 sepertimu..:)
ReplyDelete