AHMAD YAHDIANIhttp://www.yahdianiahmad.blogspot.com/search/label/BAHAN%20AJAR

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)


ANALISA PENETAPAN KKM

RAMBU-RAMBU
            KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran
            KKM ditetapkan oleh forum MGMP sekolah
            KKM dinyatakan dalam bentuk persentase berkisar antara 0 – 100
            Kriteria  ditetapkan untuk masing-masing indikator idealnya berkisar 75 %
            Sekolah dapat menetapkan KKM dibawah kriteria ideal
            Dalam menentukan KKM dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas indikator dan kemampuan sumber daya pendukung.
KKM dapat dicantumkan dalam LHBS sesuai model yang dipilh sekolah.
Kompleksitas indikator (Kesulitan & Kerumitan)
Daya dukung (sarana/prasarana, kemampuan guru, lingkungan, dan biaya)
            Intake siswa (masukan kemampuan siswa)


      Standar Kompetensi /
Kompetensi dasar
Kriteria Ketuntasan Minimal

Kriteria Penetapan Ketuntasan

KKM (%)

Kompleksitas
Daya dukung
Intake
Indikator
KD
SK
MP

Standar kompetensi
Kompetensi Dasar




























Dengan memberikan point pada setiap kriteria yang ditetapkan :
1. Kompleksitas   :               - Tinggi = 1
                                                - Sedang = 2
                                                - Rendah = 3
2. Daya dukung   :               - Tinggi = 3
                                                - Sedang = 2
                                                - Rendah = 1
3. Intake                                :  - Tinggi = 3
                                                - Sedang = 2
                                                               - Rendah = 1
Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya Dukung tinggi dan intake siswa sedang à KKM menjadi :
(3 + 3 + 2) x 100 = 88.89 %
      9
C. Dengan memberikan pertimbangan professional judgment pada setiap kriteria untuk menetapkan nilai :

            1. Kompleksitas   :               - Tinggi
                                                        - Sedang
                                                        - Rendah 
            2. Daya dukung   :               - Tinggi
                                                       - Sedang
                                                       - Rendah
                3. Intake                                :  - Tinggi
                                                                - Sedang
                                                                - Rendah
        Contoh:
            Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya Dukung tinggi dan intake siswa sedang à maka dapat dikatakan hanya satu komponen yang mempengaruhi untuk mencapai  ketuntasan maksimal 100 yaitu intake sedang. Jadi guru dapat menetapkan kriteria ketuntasan antara 90 – 80.

TINGKAT KOMPLEKSITAS

(Kesulitan & Kerumitan) setiap Indikator Pencapaian/Kompetensi Dasar yang harus dicapai oleh siswa.
Tingkat Kompleksitas Tinggi, bila dlm pelaksanaannya  menuntut :
           SDM     
- memahami Kompetensi yang hrs dicapai Siswa
- kreatif dan inovatif dlm    melaksanakan pembelajaran.
           WAKTU
- cukup lama karena perlu         pengulangan
PENALARAN dan KECERMATAN siswa yang          tinggi. 
           
KEMAMPUAN SUMBERDAYA PENDUKUNG:

          yaitu tenaga, sarana dan prasarana pendidikan, Biaya, manajemen, Komite Sekolah, dan stakeholders sekolah.

INTAKE (TINGKAT KEMAMPUAN RATA-RATA) SISWA :

Intake merupakan :

hasil seleksi Penerimaan Siswa Baru (PSB),
.           Rapor kelas terakhir dari tahun sebelumnya,
.           test seleksi masuk atau psikotes 
.           Nilai Ujian Nasional bagi jenjang SMP/SMPLB/MTs, SMA/SMALB/MA, SMK
.................................................................................................................
Selesai untuk teorinya, sekarang bisa download contoh KKM PAI SMK kelas X Semester 2 di bawah ini.


Semoga bermanfaat.

1 comment:

Terimakasih atas kunjungan teman-teman. silahkan postkan komentar teman semuanya. :-)