AHMAD YAHDIANIhttp://www.yahdianiahmad.blogspot.com/search/label/BAHAN%20AJAR

MENENTUKAN JUARA KELAS, PERINGKAT KELAS, RANGKING KELAS

Bismillahirrhmanirrahiim.


Kira-kira satu bulan lagi akan diadakan Evaluasi Akhir Semester Ganjil, (menurut info yang disampaikan Waka Kesiswaan SMK N SDL tadi pagi saat lagi makan di kantin sekolah, :) ). Artinya akan ada proses pembuatan soal, ulangan, proses penilaian bagi guru mata pelajaran dan akhirnya nilai tersebut akan diserahkan ke wali kelas untuk diisikan ke raport. Nahhhh... postingan ini saya khususkan untuk teman-teman guru yang sekarang jadi wali kelas dan nanti akan mengisi raport.

Salah Satu yang tidak bisa dihindarkan pada pengisian raport adalah menentukan siswa yang akan menjadi Juara Kelas atau Peringkat Kelas atau Rangking Kelas. Supaya tidak terjadi subjektifitas dalam menentukan Juara Kelas atau peringkat Kelas sebaiknya kita para wali kelas menggunakan bantuan Excel dalam menentukan Rangking Kelas.


Siapkan sebuah file seperti gambar di bawah ini.

Gambar di atas adalah file LEGGER SEMENTARA yang dibuat untuk memudahkan wali kelas dalam pengisian raport. Untuk apa LEGGER SEMENTARA, karena dengan bantuan file ini kita wali kelas bisa menghitung jumlah nilai yang diperoleh setiap siswa dan bisa langsung menentukan juara kelasnya.

untuk menentukan juara kelas, ketikkan rumus =RANK(AA15;AA$15:AA$41;0).
  • AA15:AA41 adalah jumlah nilai yang diperoleh setiap siswa
  • Jumlah nilai diperoleh dengan mengetikkan rumus =SUM(E15:Y15)
contoh filenya bisa didownload disini JUARA KELAS, PERINGKAT KELAS, RANGKING KELAS

Semoga postingan ini bisa membantu dan saya juga mengharapkan koreksi dari master excel sekalian. Jika tidak keberatan para master excel juga berkenan mengajari saya tentang macro excel dan VBA.


Alhamdulillahi rabbil 'alamiin

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan teman-teman. silahkan postkan komentar teman semuanya. :-)