AHMAD YAHDIANIhttp://www.yahdianiahmad.blogspot.com/search/label/BAHAN%20AJAR

KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SMA/SMK TAHUN PELAJARAN 2011/2012



KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SMA/SMK TAHUN PELAJARAN 2011/2012
NO.
STANDAR KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG DIUJI
INDIKATOR
NO. SOAL
1.
Memahami ayat-ayat al Qur ’an yang ber- kaitan dengan fungsi manusia seba-gai khalifah, demo-krasi, serta pengem-bangan ilmu penge-tahuan dan teknologi.
Membaca QS Al Baqarah : 30, al Muk-mi-nun : 12-14, az Zariyat : 56 dan an Nah : 78 yang menjelaskan tentang fungsí dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al- Qur’an tentang fungsí dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi yang tidak lengkap, peserta didik dapat melengkapi bacaan teks ayat tersebut.
1
Menyebutkan arti QS. Al Baqarah: 30, al Mukminun: 12-14, az Zariyat : 56 dan an Nahl : 78. yang menjelaskan tentang fungsi dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al- Qur’an tentang fungsí dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi, peserta didik dapat mengartikan penggalan ayat yang diberi garis bawah
2
Menampilkan perilaku ihlas dalam beribadah seperti terkandung dalam QS. AL-an’am 162-163 dan al-Bayyinah 5
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al- Qur ’an tentang perilaku ikhlas dalam beribadah, peserta didik dapat menyim- pulkan ayat tersebut sebagai salah satu contoh perilaku ikhlas dalam beribadah.
3
Menentukan contoh peri- laku sesuai dengan QS. Ali Imran 159 dan QS. asy Syura : 38 tentang demokrasi
Ditampilkan kutip Disajikan salah satu ayat dari surat Al Kafirun, peserta didik dapat menentukan lanjutan satu ayat berikutnya dengan tepat an salah satu ayat Alqur ’an tentang demokrasi, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku sesuai dengan kandungan ayat tersebut.
4
Menampilkan perilaku hidup demokrasi seperti terkandung dalam QS. Ali Imran : 159, dan QS asy Syura : 38 dalam kehi- dupan sehari-hari.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Alqur’an tentang demokrasi, peserta didik dapat menyimpulkan ayat tersebut sebagai dasar dalam berperilaku demokrasi.
5
Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkan- dung dalam Qs. Al- Baqoroh 148 dan Qs. Al- Fathir 32
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Alqur’an tentang kompetisi dalam kebaikan, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku yang sesuai dengan kandungan ayat tersebut.
6
Membaca Qs. Ar-Rum 41-42 dan Al-A’raaf 56-58 dan Qs. Ash- Shad 27 tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Alqur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup yang tidak lengkap, peserta didik dapat melengkapi bacaan ayat tersebut.
7
Menyebutkan arti Qs. Ar- Rum 41-42 dan Al-A’raaf 56-58 dan Qs. Ash-Shad 27 ten-tang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Alqur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup, peserta didik dapat me- nunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan kandungan ayat tersebut.
8
Menampilkan perilaku anjuran bertoleransi seperti terkandung dalam Qs. Al- Kafirun dan yunus 40-41 dan Al-Kahfi 29
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Alqur’an tentang toleransi, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku yang sesuai dengan kandungan ayat tersebut
9
Menampilkan perilaku beretos kerja seperti terkandung dalam Qs. Al- Mujahadah 11 dan Al- Jumu’ah 9-10
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Alqur’an tentang etos kerja,peserta didik dapat menentukan contoh perilaku yang sesuai dengan kandungan ayat tersebut.
10
Menjelaskan arti QS. Yunus : 101 dan QS. al Baqarah : 164 yang menje- laskan ten-tang pengem- bangan ilmu pengetahuan dan tehnologi.
Disajikan kutipan salah satu ayat Alqur ’an tentang, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, peserta didik dapat menyim- pulkan kandungan ayat tersebut.
11
Melakukan pengem- bangan IPTEK seperti terkandung dalam QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Alqur’an tentang IPTEK, peserta didik dapat mengidentifikasi sikap positif dalam pengembangan IPTEK sesuai dengan kandungan ayat tersebut.
12
2.
Meningkatkan ke- imanan kepada Allah, malaikat, rasul-rasul, kitab-kitab, hari akhir, Qodo’dan Qodar Allah
Menjelaskan makna 10 sifat Allah SWT dalam asmaul husna.
Disajikan pernyataan tentang sifat Allah, peserta didik dapat menjelaskan makna salah satu dari 10 sifat Allah SWT yang berkaitan dengan al asma’ul husna.
13
Disajikan pernyataan tentang sifat Allah, peserta didik dapat mengidentifikasi sikap manusia yang berkaitan dengan 10 al asma’ul husna.
14
Meningkatkan Iman kepada Allah SWT
Disajikan ilusterasi tentang peristiwa alam, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Allah
15
Menampilkan perilaku cerminan beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan ilusterasi tentang kehidpan sehari- hari, peserta didik dapat menjelaskan hikmah beriman kepada malaikat.
16
Disajikan pengertian beriman kepada malaikat, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat.dalam kehidupan sehari- hari
17
Menampilkan perilaku cerminan beriman kepada kitab-kitab Allah dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan manusia yang beriman kepada kitab-kitab Allah swt, peserta didik dapat menentukan hikmah beriman kepada Al-Qur’an
18
Menunjukkan contoh ber- iman kepada rasul-rasul Allah SWT.
Disajikan ilustrasi kehidupan rasul, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku rasul yang harus diteladani.
19
Disajikan narasi tentang kehidupan salah seorang rasul-rasul Allah, peserta didik dapat menjelaskan keutamaan rasul Allah tersebut.
20
Menampilkan hikmah yang mencerminkan ke- imanan kepada hari akhir.
Ditampilkan narasi tentang hari akhir,peserta didik dapat menyimpulkan hikmah beriman kepada hari akhir.
21
Menjelaskan hikmah ber- iman kepada qadha’ dan qadar.
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan manusia, peserta didik dapat menjelaskan hikmah beriman kepada qodo’ dan qodar Allah swt
22
3.
Berperilaku terpuji seperti husnuzzhan, taubat dan raja dan meninggalkan peri- laku tercela seperti isyrof, tabzir, ghibah dan fitnah
Menjelaskan hikmah yang ber-kaitan dengan hus- nuzhan
Disajikan narasi tentang husnudzan, peserta didik dapat menunjukkan salah satu hikmah yang berkaitan dengan husnuzzhan.
23
Menganalisis contoh peri- laku husnuzhan terhadap Allah
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan seseorang. peserta didik dapat mengenali contoh perilaku husnuzzhan terhadap Allah.
24
Pembiasaan perilaku hus- nudzan dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan ilustrasi tentang pembiasaan perilaku husnudzan dalam kehidupan sehar- hari peserta didik dapat menunjukkan cara pembiasaan perilaku husnudzan dalam kehidupan sehari-hari.
25
Menunjukan hal-hal yang berkaitan dengan taubat.
Ditampilkan ilustrasi tentang perilaku perbuatan dosa, peserta didik dapat menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan taubat.
26
Mengidentifikasi kebiasa- an perilaku taubat.
Disajikan narasi tentang kebiasaan perilaku terpuji, peserta didik dapat mengidentifikasi kebiasaan berperilaku taubat dalam ke- hidupan sehari-hari
27
Menunjukan hal-hal yang berkaitan denganraja’
Disajikan pernyataan-pernyataan tentang perilaku terpuji, peserta didik dapat menunjukkan hal-hal yang berkaitan denganraja’.
28
Menjelaskan hikmah peri- lakuraja’
Disajikanilustrasi tentang perilaku terpuji, peserta didik dapat menjelaskan hikmah perilakuraja’dalam kehidupan sehari-hari.
29
Menunjukan hal hal yang berkaitan denganisraf.
Disajikan ilustrasi tentang perilaku tercela, peserta didik dapat menunjukkan hal hal yangberkaitandenganisraf.
30
Mengidentifikasi hal hal yang berkaitan dengan tabzir.
Disajikan pernyataan-pernyataan perilaku tercela, peserta didik dapatmengidentifikasihal hal yang berkaitan tabzir.
31
Menunjukan manfaat menghindari tabzir.
Disajikan narasi tentang perilaku tercela dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menunjukan manfaat menghindaritabzir.
32
Menunjukkan contoh yang terkait tentang ghibah
Disajikan pernyataan perilaku tercela, peserta didik dapat menunjukkan contoh hal hal yang berkaitan dengan ghibah
33
Mengidentifikasi perilaku fitnah.
Disajikan ilustrasi tentang perilaku tercela, pesertadidikdapat mengidentifikasi perilaku fitnah.
34
4.
Memahami sumber hukum Islam dan hukum taklifi serta menjelaskan hukum muamalah dan hu- kum keluarga dalam Islam.
Menjelaskan pengertian, kedudukan dan fungsi Al Qur’an, Al Hadits, Ijtihad dan hukum taklifi.
Disajikan tabel tentang sumber hukum Islam secara acak, peserta didik dapat me- nunjukkan pengertian sumber hukum tersebut.
35
Disajikan tentang permasalahan yang berkembang di masyarakat, peserta didik dapat menetapkan kedudukan ijtihad sebagai salah satu sumber hukum Islam.
36
Mengidentifikasi contoh- contoh pengelolaan zakat
Disajikan wacana tentang permasalahan yang berkembang di masyarakat, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh-contoh pengelolaan zakat
37
Menjelaskan syarat dan rukun haji
Disajikan deskripsi tentang syarat dan rukun haji. peserta didik dapat menjelaskan ketentuan syarat dan rukun haji
38
Menjelaskan contoh asas- asas transaksi ekonomi dalam Islam.
Disajikan deskripsi tentang ekonomi Islam, peserta didik dapat menjelaskan azas-azas transaksi ekonomi dalam Islam
39
Disajikan pengertian macam-macam syirkah, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh syirkah tersebut.
40
Disajikan ilustrasi tentang contoh transaksi ekonomi, peserta didik dapat menentukan contoh transaksi ekonomi dalam islam
41
Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia.
Disajikan narasi tentang pernikahan yang Islami, peserta didik dapat menjelaskan hikmah pernikahan.
42
Disajikan problematika pernikahan antara muslim dengan non muslim, peserta didik dapat menunjukkan ketentuan pernikahan menurut UU Nomor 1 Tahun 1974.
43
Menjelaskan ketentuan- ketentuan hukum waris.
Disajikan narasi tentang h=ubungan kekerabatan dalam keluarga, peserta didik dapat menunjukkan anggota keluarga yang terhalang mendapat harta waris.
44
Menjelaskan hikmah hukum waris dalam Islam.
Disajikan wacana tentang penerapan pembagian harta waris, peserta didik dapat mengidentifikasi hikmah hukum waris.
45
5.
Memahami sejarah Nabi Muhammad pada periode Mekkah dan periode Madinah serta perkembangan Islam di Indonesia dan di dunia.
Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah dan Madinah.
Disajikan sejarah singkat dakwah Rasulullah SAW periode Makkah, peserta didik dapat menyimpulkan substansi dakwah Rasululullah SAW di Makkah.
46
Disajikan kisah singkat da’wah Rasulullah periode Madinah, peserta didik dapat menunjukkan strategi yang digunakan Rasulullah dalam berdakwah di Madinah.
47
Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia.
Disajikan sejarah singkat perkembangan Islam di Indonesia, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan Islam berkembang dengan cepat di Indonesia.
48
Disajikan narasi tentang perkembangan Islam di Indonesia, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh perkembangan Islam di Indonesia.
49
Menjelaskan perkem- bangan Islam di dunia.
Ditampilkan contoh perkembangan Islam di dunia, peserta didik dapat menunjukkan salah satu bukti perkembangan Islam di dunia.
50
——————-
Sumber :  Pendis.Kemenag

2 comments:

  1. pelajaran lain ga ad kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blu ada, saya lebih terfokus ke Pedidikan Agama Islam sesuai mapel yang saya ajarkan :)

      Ikuti blog ini ya

      Delete

Terimakasih atas kunjungan teman-teman. silahkan postkan komentar teman semuanya. :-)