AHMAD YAHDIANIhttp://www.yahdianiahmad.blogspot.com/search/label/BAHAN%20AJAR

GALERI SELEKSI TEKNOLOGI TEPAT GUNA



Pada hari selasa kemarin (10/04/2012) di Kota Muara Enim, Sumatera Selatan diadakan seleksi Teknologi Tepat Guna. Acara ini bertujuan untuk menampilkan hasil kreatifitas masyarakat yang telah mereka kembangkan dan telah digunakan oleh masyarakat umum di sekitarnya. Acara yang diadakan oleh Badan Pengembangan Teknologi Muara Enim ini juga diikuti oleh masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Muara Enim.  Berikut ini saya postingkan gambar dari masing-masing kecamatan, karena pada waktu seleksi saya turut berada disana mewakili Kecamatan Semende Darat Laut bersama siswa SMK N 1 Semende Darat Laut.
 
Gambar ini adalah peserta dari Kecamatan Semende Darat Layangut yang menampilkan teknologi pertanian yang saat ini sedang dikembangkan dan telah diterapkan di beberapa sawah milik petani yang berada di Kecamatan Semende Darat Laut.Teknologi yang dikembangkan adalah dibidang Pertanian yang mana menurut peserta dari kecamatan ini bahwa jika tanah tempat menanam padi hanya menggunakan bahan-bahan organik saja, maka kelembapan tanah akan tetap terjaga karena tanah yang tidak diberi bahan non organik akan mampu mengikat air lebih lama. Salah satu keberhasilan dari teknologi yang dikembangkan di Semende Darat Laut, nanti pada tanggal 25 April 2012 akan dilakukan panen raya padi oleh Bupati Muara Enim, Ir. Muzakir Sai Sohar. Selain itu, peserta dari Kecamatan Semende Darat Laut Juga menampilkan energi bio listrik yang terbuat dari berbagai macam mul tumbuhan dan buah-buahan. Dimana mul-mul itu bisa menghanarkan listrik.


  Peserta dari Kecamatan Semende Darat Tengah menampilkan teknologi penghantar Listrik yang digunakan oleh masyarakat disana.
Peserta Kecamatan Semende Darat Tengah

 Saat ini di Kecamatan Tanjung Agung terdapat banyak sekali tanaman yang menggunakan pupuk organik. Dan yang paling menjadi kebanggaan masyarakat kecamatan ini adalah padi organik yang telah dikonsumsi oleh para pejabat di lingkungan Pemda Muara Enim.
Peserta Kecamatan Tanjung Agung
Peserta Kecamatan Benakat mengembangkan Teknologi Kelistrikan, untuk seleksi kali ini Kecamatan Benakat diwakili oleh siswa dan guru SMK N Benakat yang mana sekolah ini telah menajalin kerasama dengans salah satu perusahaan di Jepang dalam pengembangan Teknologi Otomotifnya.
Peserta Kecamatan Benakat
Peserta Kecamatan Gunung Megang :Teknologi Bio Gas telah berhasil dikembangkan dan dipakai oleh masyarakat Gunung Megang.         

Peserta Kecamatan Talang Ubi mengembangkan Teknologi Pengolahan Jamur Tiram



Kecamatan Penukal memanfaatkan Kuali untuk penangkap sinyal internet.

Sebenarnya ada 22 Kecamatan yang ikut pada seleksi Teknologi Tepat Guna di Kota Muara Enim pada Hari Selasa kemarin, akan tetapi karena photo-photonya tidak terambil semua, jadi hanya beberapa gambar di atas yang saya bisa bagikan. Semoga tampilan gambar dan sedikit penjelasan di atas membuka mata kita bahwa orang Indonesia mampu mengembangkan teknologi tanpa harus menggunakan biaya yang mahal. Enjoy GURU PAI

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan teman-teman. silahkan postkan komentar teman semuanya. :-)