ANALISA
PENETAPAN KKM
RAMBU-RAMBU
•
KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran
•
KKM ditetapkan oleh forum MGMP sekolah
•
KKM dinyatakan dalam bentuk persentase berkisar antara
0 – 100
•
Kriteria
ditetapkan untuk masing-masing indikator idealnya berkisar 75 %
•
Sekolah dapat menetapkan KKM dibawah kriteria ideal
•
Dalam menentukan KKM dengan mempertimbangkan tingkat
kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas indikator dan kemampuan sumber
daya pendukung.
•KKM dapat dicantumkan dalam LHBS sesuai
model yang dipilh sekolah.
Kompleksitas indikator (Kesulitan & Kerumitan)
Kompleksitas indikator (Kesulitan & Kerumitan)
•Daya dukung (sarana/prasarana, kemampuan
guru, lingkungan, dan biaya)
•
Intake siswa (masukan kemampuan siswa)
Standar Kompetensi /
Kompetensi dasar
|
Kriteria Ketuntasan Minimal
|
||||||||
Kriteria Penetapan
Ketuntasan
|
KKM (%)
|
||||||||
Kompleksitas
|
Daya dukung
|
Intake
|
Indikator
|
KD
|
SK
|
MP
|
|||
Standar kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||||||||
•Dengan memberikan point pada setiap
kriteria yang ditetapkan :
1.
Kompleksitas : - Tinggi = 1
-
Sedang = 2
-
Rendah = 3
2. Daya
dukung : -
Tinggi = 3
-
Sedang = 2
-
Rendah = 1
3. Intake : - Tinggi = 3
- Sedang = 2
-
Rendah = 1
Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas
rendah, daya Dukung tinggi dan intake siswa sedang à KKM menjadi
:
(3 + 3 +
2) x 100 = 88.89 %
9
C. Dengan memberikan pertimbangan professional
judgment pada setiap kriteria untuk menetapkan nilai :
1. Kompleksitas : -
Tinggi
-
Sedang
-
Rendah
2. Daya dukung : -
Tinggi
- Sedang
-
Rendah
3. Intake : - Tinggi
- Sedang
- Rendah
•
Contoh:
Jika indikator memiliki Kriteria :
kompleksitas rendah, daya Dukung tinggi dan intake siswa sedang à maka dapat
dikatakan hanya satu komponen yang mempengaruhi untuk mencapai ketuntasan maksimal 100 yaitu intake sedang.
Jadi guru dapat menetapkan kriteria ketuntasan antara 90 – 80.
TINGKAT KOMPLEKSITAS
(Kesulitan & Kerumitan) setiap Indikator
Pencapaian/Kompetensi Dasar yang harus dicapai oleh siswa.
Tingkat Kompleksitas Tinggi, bila dlm
pelaksanaannya menuntut :
•
SDM
- memahami
Kompetensi yang hrs dicapai Siswa
- kreatif dan
inovatif dlm melaksanakan pembelajaran.
•
WAKTU
- cukup lama karena perlu pengulangan
PENALARAN dan
KECERMATAN siswa yang tinggi.
KEMAMPUAN SUMBERDAYA PENDUKUNG:
•
yaitu tenaga, sarana dan prasarana pendidikan, Biaya,
manajemen, Komite Sekolah, dan stakeholders sekolah.
INTAKE (TINGKAT KEMAMPUAN RATA-RATA) SISWA :
Intake merupakan :
hasil seleksi Penerimaan Siswa Baru (PSB),
. Rapor kelas terakhir dari tahun sebelumnya,
. test
seleksi masuk atau psikotes
. Nilai Ujian Nasional bagi jenjang
SMP/SMPLB/MTs, SMA/SMALB/MA, SMK
.................................................................................................................
Selesai untuk teorinya, sekarang bisa download contoh KKM PAI SMK kelas X Semester 2 di bawah ini.
Semoga bermanfaat.
Mantabss gun
ReplyDelete