KISI-KISI
SOAL UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SMA/SMK
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
NO.
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KEMAMPUAN
YANG DIUJI
|
INDIKATOR
|
NO.
SOAL
|
1.
|
Memahami ayat-ayat al Qur ’an yang
ber- kaitan dengan fungsi manusia seba-gai khalifah, demo-krasi, serta
pengem-bangan ilmu penge-tahuan dan teknologi.
|
Membaca QS Al Baqarah : 30,
al Muk-mi-nun : 12-14, az Zariyat : 56 dan an Nah : 78 yang
menjelaskan tentang fungsí dan tugas manusia sebagai
khalifah di muka bumi.
|
Ditampilkan kutipan salah satu
ayat Al- Qur’an tentang fungsí dan tugas manusia sebagai khalifah di muka
bumi yang tidak lengkap, peserta didik dapat melengkapi bacaan teks ayat
tersebut.
|
1
|
Menyebutkan arti QS. Al Baqarah:
30, al Mukminun: 12-14, az Zariyat : 56 dan an Nahl : 78. yang menjelaskan
tentang fungsi dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi.
|
Ditampilkan kutipan salah satu
ayat Al- Qur’an tentang fungsí dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi,
peserta didik dapat mengartikan penggalan ayat yang diberi garis bawah
|
2
|
||
Menampilkan perilaku ihlas dalam
beribadah seperti terkandung dalam QS. AL-an’am 162-163 dan al-Bayyinah 5
|
Ditampilkan kutipan salah satu
ayat Al- Qur ’an tentang perilaku ikhlas dalam beribadah, peserta didik dapat
menyim- pulkan ayat tersebut sebagai salah satu contoh perilaku ikhlas dalam
beribadah.
|
3
|
||
Menentukan contoh peri- laku
sesuai dengan QS. Ali Imran 159 dan QS. asy Syura : 38 tentang demokrasi
|
Ditampilkan kutip Disajikan salah
satu ayat dari surat Al Kafirun, peserta didik dapat menentukan lanjutan satu
ayat berikutnya dengan tepat an salah satu ayat Alqur ’an tentang demokrasi,
peserta didik dapat menentukan contoh perilaku sesuai dengan kandungan ayat
tersebut.
|
4
|
||
Menampilkan perilaku hidup
demokrasi seperti terkandung dalam QS. Ali Imran : 159, dan QS asy Syura : 38
dalam kehi- dupan sehari-hari.
|
Ditampilkan kutipan salah satu
ayat Alqur’an tentang demokrasi, peserta didik dapat menyimpulkan ayat
tersebut sebagai dasar dalam berperilaku demokrasi.
|
5
|
||
Menampilkan perilaku berkompetisi
dalam kebaikan seperti terkan- dung dalam Qs. Al- Baqoroh 148 dan Qs. Al-
Fathir 32
|
Ditampilkan kutipan salah satu
ayat Alqur’an tentang kompetisi dalam kebaikan, peserta didik dapat
menentukan contoh perilaku yang sesuai dengan kandungan ayat tersebut.
|
6
|
||
Membaca Qs. Ar-Rum 41-42 dan
Al-A’raaf 56-58 dan Qs. Ash- Shad 27 tentang perintah menjaga kelestarian
lingkungan hidup.
|
Ditampilkan kutipan salah satu
ayat Alqur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup yang
tidak lengkap, peserta didik dapat melengkapi bacaan ayat tersebut.
|
7
|
||
Menyebutkan arti Qs. Ar- Rum 41-42
dan Al-A’raaf 56-58 dan Qs. Ash-Shad 27 ten-tang perintah menjaga kelestarian
lingkungan hidup
|
Ditampilkan kutipan salah satu
ayat Alqur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup, peserta
didik dapat me- nunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan kandungan ayat
tersebut.
|
8
|
||
Menampilkan perilaku anjuran
bertoleransi seperti terkandung dalam Qs. Al- Kafirun dan yunus 40-41 dan
Al-Kahfi 29
|
Ditampilkan kutipan salah satu
ayat Alqur’an tentang toleransi, peserta didik dapat menentukan contoh
perilaku yang sesuai dengan kandungan ayat tersebut
|
9
|
||
Menampilkan perilaku beretos kerja
seperti terkandung dalam Qs. Al- Mujahadah 11 dan Al- Jumu’ah 9-10
|
Ditampilkan kutipan salah satu
ayat Alqur’an tentang etos kerja,peserta didik dapat menentukan contoh
perilaku yang sesuai dengan kandungan ayat tersebut.
|
10
|
||
Menjelaskan arti QS. Yunus : 101
dan QS. al Baqarah : 164 yang menje- laskan ten-tang pengem- bangan ilmu pengetahuan
dan tehnologi.
|
Disajikan kutipan salah satu ayat
Alqur ’an tentang, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, peserta didik
dapat menyim- pulkan kandungan ayat tersebut.
|
11
|
||
Melakukan pengem- bangan IPTEK
seperti terkandung dalam QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164.
|
Ditampilkan kutipan salah satu
ayat Alqur’an tentang IPTEK, peserta didik dapat mengidentifikasi sikap
positif dalam pengembangan IPTEK sesuai dengan kandungan ayat tersebut.
|
12
|
||
2.
|
Meningkatkan ke- imanan kepada
Allah, malaikat, rasul-rasul, kitab-kitab, hari akhir, Qodo’dan Qodar Allah
|
Menjelaskan makna 10 sifat Allah
SWT dalam asmaul husna.
|
Disajikan pernyataan tentang sifat
Allah, peserta didik dapat menjelaskan makna salah satu dari 10 sifat Allah
SWT yang berkaitan dengan al asma’ul husna.
|
13
|
Disajikan pernyataan tentang sifat
Allah, peserta didik dapat mengidentifikasi sikap manusia yang berkaitan
dengan 10 al asma’ul husna.
|
14
|
|||
Meningkatkan Iman kepada Allah SWT
|
Disajikan ilusterasi tentang
peristiwa alam, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku yang
mencerminkan keimanan kepada Allah
|
15
|
||
Menampilkan perilaku cerminan
beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan ilusterasi tentang
kehidpan sehari- hari, peserta didik dapat menjelaskan hikmah beriman kepada
malaikat.
|
16
|
||
Disajikan pengertian beriman
kepada malaikat, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku yang mencerminkan
iman kepada malaikat.dalam kehidupan sehari- hari
|
17
|
|||
Menampilkan perilaku cerminan
beriman kepada kitab-kitab Allah dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan ilustrasi tentang
kehidupan manusia yang beriman kepada kitab-kitab Allah swt, peserta didik
dapat menentukan hikmah beriman kepada Al-Qur’an
|
18
|
||
Menunjukkan contoh ber- iman
kepada rasul-rasul Allah SWT.
|
Disajikan ilustrasi kehidupan
rasul, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku rasul yang harus
diteladani.
|
19
|
||
Disajikan narasi tentang kehidupan
salah seorang rasul-rasul Allah, peserta didik dapat menjelaskan keutamaan
rasul Allah tersebut.
|
20
|
|||
Menampilkan hikmah yang
mencerminkan ke- imanan kepada hari akhir.
|
Ditampilkan narasi tentang hari akhir,peserta
didik dapat menyimpulkan hikmah beriman kepada hari akhir.
|
21
|
||
Menjelaskan hikmah ber- iman
kepada qadha’ dan qadar.
|
Disajikan ilustrasi tentang
kehidupan manusia, peserta didik dapat menjelaskan hikmah beriman kepada
qodo’ dan qodar Allah swt
|
22
|
||
3.
|
Berperilaku terpuji seperti
husnuzzhan, taubat dan raja dan meninggalkan peri- laku tercela seperti
isyrof, tabzir, ghibah dan fitnah
|
Menjelaskan hikmah yang ber-kaitan
dengan hus- nuzhan
|
Disajikan narasi tentang
husnudzan, peserta didik dapat menunjukkan salah satu hikmah yang berkaitan
dengan husnuzzhan.
|
23
|
Menganalisis contoh peri- laku
husnuzhan terhadap Allah
|
Disajikan ilustrasi tentang
kehidupan seseorang. peserta didik dapat mengenali contoh perilaku husnuzzhan
terhadap Allah.
|
24
|
||
Pembiasaan perilaku hus- nudzan
dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan ilustrasi tentang
pembiasaan perilaku husnudzan dalam kehidupan sehar- hari peserta didik dapat
menunjukkan cara pembiasaan perilaku husnudzan dalam kehidupan sehari-hari.
|
25
|
||
Menunjukan hal-hal yang berkaitan
dengan taubat.
|
Ditampilkan ilustrasi tentang
perilaku perbuatan dosa, peserta didik dapat menjelaskan hal-hal yang
berkaitan dengan taubat.
|
26
|
||
Mengidentifikasi kebiasa- an
perilaku taubat.
|
Disajikan narasi tentang kebiasaan
perilaku terpuji, peserta didik dapat mengidentifikasi kebiasaan berperilaku
taubat dalam ke- hidupan sehari-hari
|
27
|
||
Menunjukan hal-hal yang berkaitan
denganraja’
|
Disajikan pernyataan-pernyataan
tentang perilaku terpuji, peserta didik dapat menunjukkan hal-hal yang
berkaitan denganraja’.
|
28
|
||
Menjelaskan hikmah peri- lakuraja’
|
Disajikanilustrasi tentang perilaku terpuji, peserta didik dapat
menjelaskan hikmah perilakuraja’dalam kehidupan sehari-hari.
|
29
|
||
Menunjukan hal hal yang berkaitan
denganisraf.
|
Disajikan ilustrasi tentang
perilaku tercela, peserta didik dapat menunjukkan hal hal yangberkaitandenganisraf.
|
30
|
||
Mengidentifikasi hal hal yang
berkaitan dengan tabzir.
|
Disajikan pernyataan-pernyataan
perilaku tercela, peserta didik dapatmengidentifikasihal hal yang
berkaitan tabzir.
|
31
|
||
Menunjukan manfaat menghindari
tabzir.
|
Disajikan narasi tentang perilaku
tercela dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menunjukan manfaat
menghindaritabzir.
|
32
|
||
Menunjukkan contoh yang terkait
tentang ghibah
|
Disajikan pernyataan perilaku
tercela, peserta didik dapat menunjukkan contoh hal hal yang berkaitan dengan
ghibah
|
33
|
||
Mengidentifikasi perilaku fitnah.
|
Disajikan ilustrasi tentang
perilaku tercela, pesertadidikdapat mengidentifikasi perilaku fitnah.
|
34
|
||
4.
|
Memahami sumber hukum Islam dan
hukum taklifi serta menjelaskan hukum muamalah dan hu- kum keluarga dalam
Islam.
|
Menjelaskan pengertian, kedudukan
dan fungsi Al Qur’an, Al Hadits, Ijtihad dan hukum taklifi.
|
Disajikan tabel tentang sumber
hukum Islam secara acak, peserta didik dapat me- nunjukkan pengertian sumber
hukum tersebut.
|
35
|
Disajikan tentang permasalahan
yang berkembang di masyarakat, peserta didik dapat menetapkan kedudukan
ijtihad sebagai salah satu sumber hukum Islam.
|
36
|
|||
Mengidentifikasi contoh- contoh
pengelolaan zakat
|
Disajikan wacana tentang
permasalahan yang berkembang di masyarakat, peserta didik dapat
mengidentifikasi contoh-contoh pengelolaan zakat
|
37
|
||
Menjelaskan syarat dan rukun haji
|
Disajikan deskripsi tentang syarat
dan rukun haji. peserta didik dapat menjelaskan ketentuan syarat dan rukun
haji
|
38
|
||
Menjelaskan contoh asas- asas
transaksi ekonomi dalam Islam.
|
Disajikan deskripsi tentang
ekonomi Islam, peserta didik dapat menjelaskan azas-azas transaksi ekonomi
dalam Islam
|
39
|
||
Disajikan pengertian macam-macam
syirkah, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh syirkah tersebut.
|
40
|
|||
Disajikan ilustrasi tentang contoh
transaksi ekonomi, peserta didik dapat menentukan contoh transaksi ekonomi
dalam islam
|
41
|
|||
Menjelaskan ketentuan perkawinan
menurut perundang-undangan di Indonesia.
|
Disajikan narasi tentang
pernikahan yang Islami, peserta didik dapat menjelaskan hikmah pernikahan.
|
42
|
||
Disajikan problematika pernikahan
antara muslim dengan non muslim, peserta didik dapat menunjukkan ketentuan
pernikahan menurut UU Nomor 1 Tahun 1974.
|
43
|
|||
Menjelaskan ketentuan- ketentuan
hukum waris.
|
Disajikan narasi tentang h=ubungan
kekerabatan dalam keluarga, peserta didik dapat menunjukkan anggota keluarga
yang terhalang mendapat harta waris.
|
44
|
||
Menjelaskan hikmah hukum waris
dalam Islam.
|
Disajikan wacana tentang penerapan
pembagian harta waris, peserta didik dapat mengidentifikasi hikmah hukum
waris.
|
45
|
||
5.
|
Memahami sejarah Nabi Muhammad
pada periode Mekkah dan periode Madinah serta perkembangan Islam di Indonesia
dan di dunia.
|
Mendeskripsikan substansi dan
strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah dan Madinah.
|
Disajikan sejarah singkat dakwah
Rasulullah SAW periode Makkah, peserta didik dapat menyimpulkan substansi
dakwah Rasululullah SAW di Makkah.
|
46
|
Disajikan kisah singkat da’wah
Rasulullah periode Madinah, peserta didik dapat menunjukkan strategi yang
digunakan Rasulullah dalam berdakwah di Madinah.
|
47
|
|||
Menjelaskan perkembangan Islam di
Indonesia.
|
Disajikan sejarah singkat
perkembangan Islam di Indonesia, peserta didik dapat mengidentifikasi
faktor-faktor yang menyebabkan Islam berkembang dengan cepat di Indonesia.
|
48
|
||
Disajikan narasi tentang
perkembangan Islam di Indonesia, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh
perkembangan Islam di Indonesia.
|
49
|
|||
Menjelaskan perkem- bangan Islam
di dunia.
|
Ditampilkan contoh perkembangan
Islam di dunia, peserta didik dapat menunjukkan salah satu bukti perkembangan
Islam di dunia.
|
50
|
——————-
pelajaran lain ga ad kak?
ReplyDeleteBlu ada, saya lebih terfokus ke Pedidikan Agama Islam sesuai mapel yang saya ajarkan :)
DeleteIkuti blog ini ya